Skip to main content

Roleplay

Tahun 2015, dimana aku kelas 9, atau 3 SMP, aku dikenalkan pada teman internetku soal Roleplay. Roleplay... Apa, sih, Roleplay itu? Roleplay bisa kita singkat sebagai RP. Cara bermain Roleplay itu mudah. Kalian hanya masuk ke dunia penuh visual, dan perankan sebagai artis yang kalian pilih. Waktu pertama kali aku bermain Roleplay, aku berperan sebagai Megan Nicole. Di dunia Roleplay, kalian bisa menikah, membuat anak, berselingkuh, berpacaran, mengenal satu sama lain, dan lain sebagainya. Haha, pasti bingung, sih. Menikah? Di dunia Roleplay? Emang bisa? Jawabannya, bisa. Ya, kita, kan, menikah disana gapake penghulu asli. Ya, kan?
Selain itu, kalian juga harus mematuhi peraturan yang ada di dunia Roleplay. Misal, contohnya kalian boleh berpacaran asalkan jangan bawa serius. Inget, dunia Roleplay berbeda dengan dunia nyata, yang bisa kita sebut sebagai Real Life atau RL. Kalian harus bisa membedakan, mana Roleplay, mana Real Life. Ya, kalau di Real Life kalian berkegiatan seperti biasa. Aku, Rara dengan Megan jelas berbeda. Dan juga, kalian gak boleh menjatuhkan reputasi artis yang kalian gunakan. Misal, kalian pake Taylor Swift di dunia Roleplay kalian, terus kalian membuat nama Taylor Swift jadi rusak, itu sangat dilarang. Jadi, main Roleplay itu sangat hati - hati.
Masih tentang Roleplay, saat aku berperan sebagai Megan di dunia penuh jebakan itu, banyak hal yang tidak terduga. First impression aku tentang Roleplay adalah, seru. Aku serius, Roleplay itu seru tapi menjebak. Grup pertama yang aku ikuti adalah Cendol $quad. Aku rindu semua anggota grup Cendol. Saat itu juga, aku kenal dengan laki - laki namanya Nathan Sykes. Kalau di chat, dia rame gitu. Suka ngelucu, ya yang namanya baru join Roleplay pasti apa - apa dibilang rame, kan. Tiba - tiba beberapa saat kemudian, si Nathan ini nembak aku jadi pacarnya! Ya, aku, sih, seneng. Gimana gak seneng? Baru dua hari main Roleplay, udah ada pacar aja.
Tapi, hubungan aku sama Nathan gak bertahan lama. Karena ternyata dia punya istri lain, namanya Perrie. Kalau diinget - inget lagi, itu sedih minta ampun :( Jahat banget gak, sih? Baru juga masuk ke dunia Roleplay, pacar pertama aja udah selingkuh :(
Oh, iya, alasan aku main Roleplay juga gara - gara anak cowok di sekolah. Cowok yang aku suka, jadian sama cewek lain. Hiks. Abis itu aku cari pelarian sejauh - jauhnya. Sampai - sampai bertemu dengan dunia Roleplay.
Oke, balik lagi, ya.
Setelah berpisahnya aku sama si Nathan sialan itu, aku bertekat untuk buat dia nyesel senyesel mungkin. Aku minta ke temen buat share kontak Biro Jodoh RP. Dan sampai sekarang Official Account di Line itu masih ada, loh. Aku pun kirim bio aku ke OA Biro Jodoh. Gak lama, banyak yang nge-add aku dan invite aku ke grup - grup.
Semakin banyaknya aku masuk ke beberapa grup, makin banyak pula teman yang aku dapat. Aku punya Family Squad namanya Hormon Family. Isinya orang - orang bobrok semua. Tapi aku sayang, anjay. Mac dan Beha adalah orang tuaku di Hormon Family. Hahaha. Kalo diinget - inget lagi, jadi kangen gitu. Kangen kerecehannya, kebobrokannya, kebodohan mereka semua. Ga cuma Hormon aja, sih. Aku kangen dunia RP. Kangen sahabat - sahabat, kakak, adik, paman, tante, anak, dan juga mantan.
Setelah putus dari Nathan, mantan kedua aku bernama Greyson. Sampai sekarang kami masih saling mengikuti di Instagram. Aku lupa bagaimana kami berdua bisa berpacaran. Setelah itu mantan ketigaku Carlos. Mantan terlama sepanjang hidupku di RP. Ya, masih satu bulan, sih. Tapi, kan, satu bulan di RP itu lama. Hahaha. Dan, ya, menurutku Carlos adalah mantan yang paling aku ingat kenangan - kenangannya. Dan dia tinggal di Bandung, sama sepertiku. Terkadang kami menggunakan bahasa sunda, kadang pula menggunakan bahasa Indonesia. Kadang gue-lo, kadang aing-maneh. Screenshot-an chat aku dengannya masih aku simpan. Karena terkadang aku rindu. Aku rindu pada sosok Carlos pada saat itu. Moodbooster aku. Aku juga lupa bagaimana kami bisa kenal. Yang pasti cara dia menembakku menjadi pacarnya sungguh aneh. Dia bilangnya mau nembak orang, terus dia minta saran gitu ke aku. Pas aku tanya siapa orangnya, dia kasih kontak aku. Hahahaha. Aduh, Carlos.. Jadi kangen aku, tuh :( Eh, setelah satu bulan lebih empat hari, dia memutuskan secara sepihak dan langsung delete akun saat itu juga. Jadi, saat aku gak online, dia menghapus akun RPnya. Sejak saat itu, aku tidak mendengar kabar tentangnya lagi.
Aku galau abis - abisan setelah putus dari Carlos. Karena, ya, dia 24/7 aku. Musuh terbesar, sahabat terdekat, teman terabsurd, dan lain sebagainya.
Lama tidak pacaran, akhirnya aku dekat dengan lelaki bernama Matthew. Kami satu grup. Aku lupa apa namanya. Dua hari kami kenal, dia langsung menembakku jadi pacarnya. Dan kau tau apa? Kami berpacaran hanya empat jam. HAHAHAH BODOH. Ya, kami berpacaran dari jam 6 sore sampai 10 malam. Tidak terasa.
Aku tidak terlalu begitu galau, karena, ya. Hei, 4 jam mau merindukan apa?!
Lalu dari Megan Nicole, aku mengganti karakterku menjad Olivia. Aku lupa Olivia apa. Yang pasti dia cantik. Ketika aku menjadi Olivia, aku kenal dengan lelaki bernama Cody Simpson. Dia baik, ramah banget, dan selalu online tengah malam. Dari pagi sampai sore kami tidak pernah berkomunikasi. Selalu tengah malam.
Tiba - tiba Barbeg (salah satu temanku di grup) mengirim chat padaku bahwa Cody adalah kakaknya di RL. Aku sedikit terkejut. Dan yang lebih mengejutkannya lagi adalah bahwa Cody adalah Barbeg. Jadi, Barbeg buat cloningan lain, yaitu Cody. Untung saja aku belum terlalu menggunakan hati ketika Cody mendekatiku.
Ah, iya. Di RP aku kenal dengan sosok Niall Ungu. Yang sekarang kami masih kenal dekat. Sangat dekat. Dia orang Medan. Dulu, saat aku menjadi Megan dan dia menjadi Niall. Dia pernah mengatakan bahwa dirinya menyukaiku saat aku dekat dengan Cody. Aku terkejut. Hei, aku dan dia hanya sahabat dekat, kok bisa suka? Dan kau tau apa? Dia sedang mengerjaiku :) memang terkutuk lah dia. Karma berlaku. Benci banget aku sama itu orang. Otak liciknya selalu jalan.
Aku selesai menjalani kehidupanku di RP sampai Januari 2016. Aku mendadak menghapus akun RP dan RL-ku. RP membuat candu. Dan ketika akun Line-ku kembali normal, terasa sepi dan berbeda.
Sampai sekarang aku masih merindukan sosok mama Len di Cendol, sosok papa Mac di Hormon, sosok adik Abra di Lerty, sosok Carlos yang mengisi masa - masa RP-ku menjadi lebih indah, sosok Matthew yang hanya berpacaran denganku dalam kurun waktu 4 jam, dan lain sebagainya. Aku benar - benar merindukan mereka. Bagaimana kabarnya? Apakah ada yang sudah kerja? Bagaimana kuliah mereka? Bagaimana kehidupan RL mereka? Dan bagaimana keadaan mantan - mantan RP-ku sekarang?
Waktu terus berputar. Perbedaan akan selalu hadir. Maka dari itu, RP jaman aku, dengan RP yang sekarang berbeda jauh. Benar - benar jauh. Itu, lah, yang membuat aku semakin rindu dengan RP vibes 2015.

Kalau teman RP-ku membaca ini, jangan sungkan untuk mengirim chat padaku, ya! Kita harus menjaga silahturahmi. Dan, aku merindukanmu dimanapun kau berada♡
Line: rxx.styles
Itu akun line punyaku. Jangan lupa dihubungi, ya!

Dan, ya, cukup segitu ceritaku di dunia Roleplay.
Terima kasih!

Comments

Popular posts from this blog

N for Nebula

 NASA bilang kalau Nebula tercipta dari serpihan-serpihan bintang yang hancur. Terbuat dari debu, asap, dan gas dari sebuah bintang mati yang meledak. Nyatanya meski Nebula tercipta dari kehancuran, kehancuran itu melahirkan suatu benda luar angkasa yang menakjubkan. Sama seperti pria ini, pria ini telah melewati masa-masa sulitnya. Yang semoga, masa sulit itu sudah hilang layaknya serpihan gas dari bintang yang meledak. Meski tidak sepenuhnya hilang, aku berharap untuk tidak ada lagi ledakan-ledakan yang terjadi di kemudian hari. Layaknya Nebula, dari kehancurannya di masa lalu, dia bisa menjadi benda luar angkasa yang paling cantik untuk orang-orang tertentu yang ia sayangi. Padahal katanya dia ini terbuat dari ledakan bintang yang sudah mati. Dia menganggap dia tidak jauh berbeda dari serpihan debu dari sebuah ledakan. Tapi di mataku, dia ini Nebula. Beberapa orang bilang kalau benda angkasa itu tetap seperti debu-debu ledakan yang tidak berarti. Dan pria ini menganggap dirinya ...